Bagaimana Cara Menghemat Uang

Berikut ini sepuluh petunjuk dan tips yang bisa membantu anda menghemat uang dengan cepat.

Kurangi pengeluaran. Ini bukan cuma cara terbaik untuk menghemat uang, tapi juga sangat vital jika anda serius mengenai penghematan untuk jangka waktu yang panjang, serta mampu untuk menghemat uang setiap hari. Review pengeluaran anda dan carilah cara yang membuat anda bisa menghemat uang.

Atur budget anda. Ini adalah hal yang sangat essensial, baik untuk keluarga maupun perorangan, dan bisa menjadi cara yang tercepat untuk menghemat uang. Begitu anda mengatur budget, maka dalam waktu singkat anda akan bisa tahu dengan pasti, berapa besar pemasukan dan pengeluaran anda.

Anda tidak akan bisa berhemat kecuali anda tahu dengan pasti berapa banyak uang yang masuk dan berapa banyak yang keluar. Setelah anda mengetahui pemasukan dan pengeluaran dengan jelas, maka anda akan mampu untuk mengidentifikasi di area-area mana anda bisa menghemat uang.

Tanpa budget, maka anda akan kesulitan untuk bisa menghemat uang dalam jangka waktu yang panjang.

Beli dalam jumlah yang banyak. Hemat uang belanja bulanan anda dengan lebih dulu merencanakan apa yang akan dibeli, dan belilah dalam jumlah yang banyak. Anda juga bisa menghemat dengan memasak dalam jumlah yang banyak. Ini adalah cara yang real untuk bisa menghemat uang dengan sedikit persiapan.

Selalu belilah bahan makanan yang bersifat umum. Makanan yang bersifat khusus umumnya jauh lebih mahal dibanding makanan yang bersifat umum. Dengan lebih dulu mempersiapkan makanan dalam jumlah yang banyak, juga memberikan anda kesempatan untuk merencanakan budget dengan lebih akurat.

Satu hal yang harus diperhatikan saat membeli dalam jumlah yang banyak ini adalah tanggal kadaluarsa dari produk makanan tersebut. Jadi, pastikan anda akan menghabiskan makanan tersebut sebelum kadaluarsa.

Membeli dalam jumlah yang banyak bukan cuma cara yang bagus untuk menghemat uang tapi juga strategi yang jitu untuk menghadapi dan mengatasi keadaan darurat.

Teliti sebelum membeli. Lakukan riset mengenai harga sebelum anda memutuskan untuk membeli sesuatu yang mahal. Anda harus memastikan bahwa harga yang ditawarkan tersebut adalah harga yang sebenarnya, bukan harga dari hasil strategi marketing yang kreatif untuk mendorong anda agar mengeluarkan uang tanpa berpikir lagi.

Setelah anda melakukan riset mengenai harga sebenarnya dari suatu produk, maka anda akan berada diposisi yang siap untuk mengambil kesempatan dari suatu penawaran khusus atau discount dan benar-benar bisa menghemat uang.

"Beli satu dapat satu," "Discount 50%," dan "Discount besar-besaran" hanya bisa membantu anda untuk menghemat uang jika harga yang ditawarkan memang lebih murah dibanding harga yang sebenarnya jika anda membelinya di tempat lain.

Beli yang bekas. Tentu, kita semua lebih suka membeli yang baru. Tapi dengan membeli beli yang bekas kita punya kesempatan untuk menghemat banyak uang. Umumnya, harga sebuah mobil akan turun 1/3-nya setelah berusia 24 bulan. Jadi, kenapa tidak membeli mobil yang berumur 24 bulan?

Barang-barang lain misalnya pakaian, harganya akan menurun jika sudah pernah digunakan. Carilah cara untuk membeli barang bekas yang kondisinya masih tetap bagus seperti masih baru.

Jangan berhutang terlalu banyak. Dalam hidup, kita tidak mungkin bisa terhidar dari hutang. Kita mungkin membutuhkannya untuk membeli rumah, kita mungkin perlu menggunakan kartu kredit untuk membeli sesuatu dan menggantinya setelah gajian.

Tapi untuk bisa menghemat uang, tujuan anda seharusnya adalah meminimalkan hutang. Hutang kartu kredit umumnya adalah yang terbesar. Dan anda akan mampu untuk menghemat uang jika anda bisa memastikan untuk membayar balancenya setiap bulan.

Jika anda bisa mendisplinkan diri untuk melakukan ini maka anda akan bisa menghemat uang dengan cara tidak memiliki hutang, dan tidak ada bunga yang harus anda bayar pada kartu kredit.

Menabung. Setiap minggu atau setiap bulan, biasakan untuk menyisihkan sejumlah uang ke dalam tabungan. Anda bisa memulainya dalam jumlah yang sangat kecil dulu, dan kemudian meningkatkannya sedikit demi sedikit begitu anda bisa mulai menghemat uang dengan menggunakan strategi lain.

Anda akan tahu bahwa dengan menabung secara teratur, maka secepatnya anda akan memiliki uang simpanan yang cukup banyak sehingga anda merasa lebih termotivasi untuk menabung lebih banyak lagi. Bagian tersulitnya adalah mengambil langkah pertama dan mulai menabung. Jadi, mulailah saat ini juga untuk menabung uang anda.

Jika anda merasa sulit untuk menyisihkan uang begitu anda menerimanya, maka pertimbangkan untuk memotongnya secara langsung dan otomatis setiap bulan. Ini bisa jadi cara yang bagus untuk menabung dengan lebih cepat karena begitu anda mempersiapkannya anda tidak akan menyadari bahwa uang anda telah dipotong, dan tabungan anda akan berkembang tanpa anda merasa kesulitan untuk menyisihkannya sendiri.

Belanjalah dengan bijak. Cari pasar, supermarket, toko lokal, minimall, toko-toko yang menjual lebih murah. Anda pasti bisa menemukannya sehingga anda bisa berhemat. Pasar tradisional biasanya adalah tempat yang paling tepat untuk berhemat. Gunakan juga strategi untuk membeli dalam jumlah yang banyak. Hemat uang anda dan belanjalah dengan lebih bijak.

Makan dirumah. Ini adalah area terbesar dimana anda bisa menghemat uang. Secangkir kopi yang anda beli diluar bisa berharga lima sampai sepuluh kali lebih mahal dibanding jika anda membuatnya sendiri dirumah. Jadi, pikir dulu sebelum anda minum diluar. 

Makan juga sama. Restorant cepat saji mengandalkan anda untuk memakan makanan yang sebenarnya mungkin tidak benar-benar anda butuhkan saat itu, tapi anda tetap membelinya cuma karena disajikan dalam waktu yang singkat.

Jadi, kenapa tidak menunggu sampai anda dirumah? Selain makanannya lebih bernutrisi, anda juga bisa menghemat uang.

Gunakan lebih sedikit. Tips menghemat uang yang satu ini perlu kita semua pelajari. Saat ini, kita hidup dalam masyarakat yang konsumtif dimana pemborosan menjadi suatu masalah yang besar. Jika kita semua bisa menggunakan dan mengkonsumsi lebih sedikit, maka pemborosan akan jadi lebih sedikit, lebih sedikit tenaga yang dikonsumsi, sehingga kita semua bisa mendapatkan manfaatnya, yaitu menghemat uang.

Misalnya, coba pertimbangkan untuk menggunakan lebih sedikit shampo saat anda mencuci rambut. Ini bukan berarti anda bershampo jadi kurang efektif. Ini hanya berarti bahwa anda tidak membuang shampo dan uang anda.

Bagaimana dengan listrik? Matikan lampu dan tivi serta komputer yang tidak dipergunakan.

Setiap penghematan kecil, jika dikumpulkan akan menjadi besar dan membuat anda bisa menghemat uang. Penghematan energi dalam jumlah yang bisa dilakukan yang akan menghemat uang anda dan memberi dampak yang baik pada planet kita serta orang-orang yang ada di dalamnya.

0 Response to "Bagaimana Cara Menghemat Uang"

Post a Comment

Disclaimer: Informasi yang disajikan disini hanya sekedar untuk menginformasikan saja dan tidak boleh di salah artikan sebagai nasihat mengenai keuangan. Meski penulis telah berusaha untuk menyajikan informasi seakurat mungkin, namun mungkin tidak sesuai dengan sitiasi khusus yang sedang anda hadapi saat ini.